Wisata

Pesona Zamrud Khatulistiwa

Bagai gugusan batu permata zamrud memancarkan warna hijau indah teruntai di garis khatulistiwa, tidaklah salah untuk menggambarkan keindahan alam kepulauan Indonesia. Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia menawarkan beragam pesona alam yang tidak akan mudah dilupakan. Pesona alam pegunungan, hutan dengan kekayaan flora dan faunanya yang menakjubkan, keindahan pantai beserta alam bawah lautnya hingga seni dan budayanya membuat Indonesia layak berada di deretan destinasi wisata favorit dunia.

wisata-1

Masyarakat yang tinggal tersebar di kepulauan negeri ini memiliki adat istiadat dan budaya yang berbeda-beda bahkan bahasa daerahnya pun juga berbeda satu dengan lainnya. Pastinya akan menjadi pengalaman luar biasa saat kita menjelajah pesona negeri ini. Sudah sepatutnya kita bersyukur menjadi bagian dari bangsa yang dianugerahi alam yang sangat indah dimana hampir semua kegiatan wisata dapat kita temukan di Indonesia.

wisata

Semua keragaman yang ada di Indonesia ini menunjukkan betapa bangsa ini kaya akan potensi wisatanya. Sekali lagi! keindahan Indonesia memang layak untuk ditempatkan pada urutan teratas daftar rencana wisata Anda. Atau jangan-jangan banyak diantara kita hanya tahu pulau Bali saja sebagai tujuan wisata di Indonesia? Wah! Bali itu hanya sebagian kecil dari pesona keindahan wisata Indonesia. Agar lebih mengenal Indonesia dengan segala keindahannya, kita akan mengadakan perjalanan wisata. Merangkai pesona Indonesia dalam sebuah untaian Zamrud Khatulistiwa.

Nah, jika pesona pantai dan pemandangan alam bawah laut yang menjadi wisata favorit Anda maka perairan dan kepulauan Indonesia menjadi destinasi yang tepat. Dari ujung barat sampai ujung timur Indonesia tersebar pantai yang indah dengan hamparan pasir putih yang lembut dan jernihnya air yang membiru. Sebut saja pantai Iboih di pulau Sabang tepat di ujung barat wilayah Indonesia, pantai Lampuuk di Aceh, pantai Sorake di Nias, keindahan pantai di pulau Tidung, pantai di Belitung, pantai Somandeng di Gunung Kidul. Sementara di pulau Bali ada beberapa pantai diantaranya pantai Kuta, Dreamland, Balangan, pantai Geger dan pantai Suluban. Pantai lainnya yang sangat unik adalah pantai yang dikenal dengan sebutan Pink Beach karena pasirnya yang berwarna merah muda. Pantai ini berada di pulau Komodo Nusa Tenggara Timur. Sementara di wilayah Papua, kita bisa menikmati keelokan pantai Base G, Tanjung Tanah Merah hingga pantai Amai.

wisata-2

Pantai-pantai di Indonesia tidak hanya terkenal dengan keelokannya, tetapi juga menjadi pantai favorit bagi para peselancar baik lokal maupun mancanegara karena memiliki ombak yang menantang. Beberapa pantai yang biasa di jadikan tempat para surfer unjuk kebolehan diantaranya, pantai Sorake di Nias, pantai di Pelabuhan Ratu, pantai Plengkung di Banyuwangi, pantai Kuta, pantai Suluban, pantai Dreamland, pantai Balangan dan beberapa pantai lainnya.

Itu baru pantainya, bagaimana dengan keindahan bawah lautnya? Wah, kalau yang satu ini jangan ditanya deh! Indonesia boleh dibilang menjadi surganya para penyelam. Beberapa diving spot yang terkenal dengan keanekaragaman biota lautnya diantaranya di pulau Sabang, Derawan, Wakatobi, Togean, Bali, Lombok hingga Raja Ampat di Papua. Kepulauan Raja Ampat ini merupakan tempat yang sangat dahsyat dan masuk dalam 10 perairan terbaik di dunia untuk menyelam. Sementara keindahan terumbu karang dan berbagai ragam jenis ikan tropis di Taman Laut Bunaken yang berada di Sulawesi Utara sudah menunggu para penyelam untuk menikmatinya. Di wilayah inilah terdapat underwater great walls, yang disebut juga hanging walls, atau dinding-dinding karang raksasa yang berdiri vertikal dan melengkung ke atas.

Kita tinggalkan sejenak laut dengan segala keindahannya dan beranjak menikmati pemandangan menakjubkan di atas gunung-gunung yang menjulang menebar pesona pada setiap pendaki yang menapakinya. Salah satunya adalah gunung Bromo di Jawa Timur. Disini kita bisa berkuda di lautan pasir yang luas dalam sejuknya hawa pegunungan dengan pemandangan Gunung Bromo. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini merupakan satu-satunya kawasan konservasi di Indonesia yang memiliki keunikan berupa laut pasir seluas 5.250 hektar. Ada juga Gunung Rinjani yang berada di Nusa Tenggara Barat. Gunung vulkanis tertinggi kedua di Indonesia setelah Gunung Kerinci di Sumatera ini memiliki pemandangan yang luar biasa. Di kawah gunung ini terbentuk Danau Segara Anak dengan air danau berwarna biru seperti lautan. Karena keindahannya ini maka pada tahun 2004, gunung ini dianugerahi “World Legacy Award” (WLA). Penghargaan dari National Geographic Society dan Conservation International itu sekaligus menobatkannya sebagai kawasan terbaik untuk kategori destination stewardship. Nah, di Nusa Tenggara Timur ini kita bisa menjumpai pemandangan yang luar biasa di puncak Gunung Kelimutu dengan tiga buah danau kawah yang dikenal dengan nama Danau Tiga Warna, yaitu merah, biru, dan putih. Uniknya, warna-warna tersebut selalu berubahubah seiring dengan perjalanan waktu. Jika ingin lebih menantang kita bisa mencoba sensasi pegunungan Cartenz di Papua. Puncak Cartenz yang terletak di Taman Nasional Laurentz ini selalu diselimuti salju abadi yang merupakan salah satu dari tiga padang salju di daerah tropis di dunia. Puncak pegunungan ini terdaftar sebagai salah satu tujuh puncak benua (seven summit) yang fenomenal. Mengagumkan!

Masih di daerah Nusa Tenggara Timur, tepatnya di pulau Komodo yang menjadi habitat Komodo (Varanus Komodoensis), spesies kadal purba terbesar di dunia yang secara alami hanya ada di Indonesia. “Ora” begitu penduduk asli pulau ini menyebutnya, hidup bukan hanya di pulau Komodo, tapi juga di pulau Rinca, Gili Motang dan Nusa Kode. Karena merupakan hewan langka dan diambang kepunahan maka Komodo dilindungi di bawah peraturan pemerintah Indonesia dan sebuah taman nasional, yaitu Taman Nasional Komodo. Sebenarnya binatang eksotis yang sangat dilindungi tidak hanya komodo, kita bisa jumpai orangutan di Sumatera maupun Kalimantan, Bekantan di Kalimantan, Tarsius di Taman Nasional Tangkoko di Sulawesi Utara, burung Cendrawasih di Papua dan masih banyak lagi. Sementara untuk flora nya salah satu yang menakjubkan adalah Rafflesia Arnoldii, bunga terbesar di dunia ini tumbuh di Pulau Sumatera tepatnya di provinsi Bengkulu.

wisata-3

Itu baru potensi wisata alam dan flora fauna yang dapat menjadi referensi tujuan liburan kita. Bagaimana dengan wisata sejarah dan budayanya? Indonesia hidup dalam sejarah yang sangat panjang. Banyak peninggalan sejarah bahkan sejak jaman prasejarah tersebar di negeri ini. Bukti-bukti peninggalan sejarah ini bisa kita jumpai di berbagai museum yang berdiri di hampir setiap kota di Indonesia. Salah satunya Museum Sejarah Jakarta atau yang sering dikenal dengan nama Museum Fatahilah yang menempati salah satu gedung tua peninggalan masa kolonial Belanda di kawasan wisata Kota Tua Jakarta. Di kawasan ini selain banyak peninggalan sejarah khususnya sejak jaman kolonial Belanda, kita bisa berkeliling menikmati keindahan gedung-gedung tua gaya arsitektur Belanda.

Salah satu bukti sejarah akan budaya bangsa yang adiluhung nampak pada kemegahan candi Borobudur yang berada di Magelang, Jawa Tengah. Suasana sunyi dan magis begitu menyelimuti saat menginjakkan kaki di candi ini. Sebuah candi yang begitu besar berbentuk punden berundak yang terdiri dari enam tingkat. Menyusuri lorong-lorong candi yang telah berusia ratusan tahun dan penuh dengan relief ini menjadi pengalaman yang mengesankan. Pemandangan dari atas candi begitu indah, apalagi saat matahari terbit. Selain candi Borobudur, di Jawa Tengah juga ada candi Prambanan, candi Kalasan, candi Ratu Boko, candi Sambisari, candi Pandawa yang berada di dataran tinggi Dieng dan beberapa candi lainnya. Ini akan menjadi
salah satu objek wisata yang mengesankan.

wisata-4

Kehidupan masyarakat asli suatu daerah juga menjadi daya tarik wisata tersendiri. Berada di tengahtengah komunitas masyarakat yang masih memegang teguh adat dan budayanya dalam kehidupan sehari-hari akan memperkaya pengalaman dan pengetahuan kita. Sebut saja, Desa Lingga di Sumatera Utara, Kampung Naga di Jawa Barat, Desa Tenganan di Bali, Desa Bena dan Desa Sade di Nusa Tenggara Timur hingga kehidupan masyarakat asli Papua pasti akan menjadi pengalaman wisata yang unik dan menarik.

Sekali lagi, semua destinasi wisata yang tertulis di sini barulah sebagian kecil dari potensi wisata bangsa Indonesia yang begitu luar biasa indah dan sangat beragam. Wah, jika semua potensi pesona wisata Indonesia dipaparkan di sini, meski seluruh halaman majalah dipakaipun tak akan cukup. Jadi bagaimana? Sudahkah Anda menyusun rencana liburan akhir tahun kali ini? Sudah siapkah menguntai pesona zamrud kathulistiwa menjadi rangkaian memori indah dalam album kenangan Anda? Jika belum, inilah saatnya!

TEKS: RISTIYONO|FOTO: MAKHFUDZ|YUYUN|GEGEN|INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR DECEMBER 2012

Reservasi Tiket

ChitChat

Reservasi Hotel dan Tiket Kereta

reservasi-tiket-pesawat reservasi-tiket-pesawat

Jadwal Penerbangan