Festival Teluk Jailolo 2010

Petualangan Seru Di Teluk Nan Cantik

Halmahera Barat (Halbar) adalah kabupaten baru di Maluku Utara yang memiliki potensi alam yang sangat indah serta kekayaan bawah laut yang beraneka ragam. Bahkan kekayaan itu telah diakui oleh Triangle Coral Indonesia.

Pemda Halbar yang bekerjasama dengan Idea Production menyelenggarakan Festival Teluk Jailolo (FTJ) 2010, yang berlangsung pada 24 hingga 29 Mei lalu. Acara ini juga mendapat dukungan penuh dari Batavia Air, sebagai satu-satunya maskapai yang memiliki layanan penerbangan dengan rute Jakarta-Ternate (direct) setiap harinya.

FTJ 2010 merupakan perhelatan akbar yang digelar kedua kalinya, setelah event pertamanya yang diadakan pada November 2009 lalu. Pembukaan FTJ 2010 mendapat sambutan yang luar biasa dari wisatawan dalam maupun luar negeri. Para wisatawan yang berkunjung untuk mengikuti event ini kebanyakan memang belum pernah menginjakkan kaki di Halbar. Namun mereka rela tinggal selama seminggu untuk menyaksikan keindahan alam serta keunikan budaya di pulau yang terkenal akan rempah-rempahnya ini.

Cultural Party
FTJ 2010 dibuka dengan sebuah ritual adat guna memohon keselamatan dari para leluhur. Upacara yang berlangsung di area teluk ini dipimpin oleh para tetua dari Kesultanan Jailolo dan langsung menarik perhatian masyarakat yang hadir dan para fotografer profesional dari berbagai daerah yang telah datang beberapa hari sebelumnya. Bagi mereka, cultural party adalah momen yang sangat langka, mengingat belum banyak masyarakat kita yang mengetahui adat istiadat Suku Sahu, yang merupakan suku asli Halbar.

Tradisi lain yang ikut digelar adalah Tujuu. Digelar di Desa Taraudu, ritual ini merupakan ritual tanam padi yang diiringi alat musik tabuh dan tarian khas suku dari Kesultanan Jailolo.

Di antara pengunjung yang datang, turut terlihat Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad, Bupati Halbar Namto Hui Roba yang juga pencinta kegiatan selam, dan sang Putri Indonesia 2007 Nadine Chandrawinata. Mereka berinteraksi langsung dengan para divers yang terdiri dari para pejabat, wisatawan dan jurnalis yang juga ingin menikmati keindahan bawah laut Teluk Jailolo.

Senja Merah Gunung Samudra
Puncak acara, yang juga menjadi penutup FTJ 2010, adalah Theatre on the Sea. Sesuai dengan judulnya, acara ini adalah sebuah pentas teater di atas laut dan belum pernah ada sebelumnya.
Acara spektakuler ini melibatkan 360 orang yang terdiri dari petani, nelayan dan siswa-siswi dari Sekolah Dasar hingga SMA dan 50 perahu hias. Semuanya bergabung menjadi kesatuan yang unik dan mempesona.

Pertunjukkan bertema Senja Merah Gunung Samudra itu sangat memikat para pengunjung yang hadir. Seluruh peserta parade terbalut dalam kostum berwarna-warni dan meriah. Keindahan gerak tari yang mengikuti harmoni irama musik khas daerah ini menciptakan sebuah suguhan yang mengesankan. Acara ini sendiri merupakan wujud inovasi budaya kontemporer yang berpadu dengan kandungan budaya lokal.

Dengan diselenggarakannya FTJ 2010, Halbar diharapkan muncul menjadi daerah tujuan wisata baru dengan konsep petualangan yang natural. Dalam sambutan penutup, Bupati Halbar juga berjanji untuk lebih memajukan budaya dan menjaga kelestarian alam di kawasan perairan Teluk Jailolo, dengan membuat peraturan daerah yang terkait. Pemda juga akan terus berupaya memperbaharui sarana yang ada untuk kelancaran kegiatan pariwisata di tahun kunjungan berikutnya.

Kiranya, apa yang dilakukan oleh Pemda Halbar dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam memperkenalkan dan mengembangkan pariwisatanya. Karena keterbatasan sarana infrastruktur bukanlah penghalang untuk memajukan pariwisata yang berkonsep Let’s Go into the Adventure.

Halbar pun mengundang para pencinta wisata alam dan petualangan, termasuk wisatawan Nusantara untuk berkunjung dan menikmati keindahan alam dan keunikan budayanya. Sebab, kalau bukan kita yang mengunjungi, siapa lagi yang bisa menghargai kekayaan alam negeri tercinta ini?

Naskah: Dyah. K|Foto: A.J. Tajoel Arifin, Ghazali|Batavia Air Inflight Magazine Edisi Sep-Okt 2010

← Next post Previous post →
admin tagged this post with: , Read 107 articles by

Reservasi Tiket

ChitChat

Reservasi Hotel dan Tiket Kereta

reservasi-tiket-pesawat reservasi-tiket-pesawat

Jadwal Penerbangan