Belitung, Pulau Pasir Putih yang Terus Bersolek

MASA liburan akhir tahun segera tiba. Banyak tempat wisata yang ditawarkan, salah satunya Pulau Belitung yang hanya berjarak 45 menit penerbangan dari Jakarta.

Pulau yang dahulu terkenal dengan pertambangan timahnya, kini tengah beralih mengandalkan sejumlah pantainya yang indah, berpasir putih, berair jernih, dan batu-batu granit berukuran raksasa, sebagai tempat tujuan wisata.

Karena itu pula, sejumlah fasilitas wisata seperti hotel serta infrastruktur jalan menuju kawasan wisata terus dibangun. Beberapa pantainya yang mempesona untuk dikunjungi antara lain Pantai Tanjung Kelayang dan Tanjung Tinggi.

Dua tempat ini, selain berpasir putih, juga memiliki air nan jernih hingga dasarnya yang dalam terlihat dengan jelas. Batu-batu berukuran raksasa dengan susunan yang indah menakjubkan juga menghiasi pantai hingga ke tengah laut.

Tanjung Kelayang berada sekitar 27 kilometer (km) dari Tanjung Pandan, ibu kota Kabupaten Belitung. Pantai tersebut dapat ditempuh sekitar 35 menit menggunakan kendaraan roda empat. Hamparan pasir putih, air laut yang hijau tenang, serta formasi granit berbentuk garuda menjadi ciri khas tempat ini.

Sementara itu, Tanjung Tinggi berada sekitar 31 km dari Tanjung Pandan dan bisa ditempuh dalam waktu 45 menit. Pantai ini adalah salah satu tempat pegambilan gambar film Laskar Pelangi. Keindahannya hampir mirip dengan Tanjung Kelayang.

Di pantai-pantai itu selain dapat menikmati indahnya alam, berfoto di antara batu-batu raksasa, kita juga bisa menengok eloknya alam bawah laut dengan menyelam serta mencicipi aneka hidangan laut dengan bumbu dan cara penyajian khas setempat.

Selain kedua pantai tersebut, di Belitung juga ada dua pulau yang menarik untuk dikunjungi, yaitu Pulau Lengkuas dan Pulau Kepayang atau lebih dikenal dengan sebutan Pulau Babi. Pulau Lengkuas dapat ditempuh sekitar 30 menit dengan menggunakan speedboat dari Pantai Tanjung Kelayang.

Batu-batu dengan aneka formasi dapat dinikmati sepanjang perjalanan ke pulau kecil yang memiliki mercusuar setinggi 16 lantai dan dibangun pada 1882.

Sementara itu, Pulau Babi berada sekitar tujuh km dari Tanjung Kelayang dan dapat ditempuh selama 15 menit dengan menumpang speedboat. Pulau ini merupakan pulau konservasi penyu, terumbu karang, dan eco turism. Berbagai formasi granit raksasa juga menjadi pemandangan utama menuju Pulau Babi.

Setiba di Pulau Babi, kita dapat berolahraga snorkel dan mendayung kayak di antara granit-granit raksasa.

Fasilitas hotel

Untuk fasilitas menginap, jangan khawatir tidak mendapatkan tempat yang nyaman. Sebab di Belitung terdapat sejumlah hotel berbagai kelas, dari melati hingga berbintang. Bahkan kini sejumlah hotel tengah terus dibangun untuk menyambut wisatawan. Hotel yang bearada dekat pantai di sekitar Tanjung Tinggi salah satunya Lor In & Resort. Antara hotel dan pantai hanya terhalang jalan, sehingga penginap bisa melihat indahnya laut.

Tempat menarik lainnya di Pulau Belitung adalah Manggar, ibu kota Kabupaten Belitung Timur, yang dapat ditempuh sekitar dua jam dari Tanjung Pandan. Salah satu ciri khas manggar adalah banyaknya kedai kopi yang buka sejak siang hingga dinihari.

Saking banyaknya kedai kopi, Manggar disebut juga sebagai kota seribu kedai kopi. Di Belitung Timur pula terdapat salah satu lokasi syutingLaskar Pelangi, yaitu sekolah dasar tempat artis Cut Mini berperan sebagai guru.

Kuliner yang dapat dinikmati wisatawan di Palau Belitung sebagian besar berbahan dasar hasil laut. Salah satu masakannya yang terkenal dan hanya ada di Belitung adalah gangan kepala ikan ketarap.

Kepala ikan berukuran satu hingga tiga kilogram (kg) itu dimasak berkuah dengan bumbu yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, kunyit, lengkuas, salam, sereh, terasi dan kemiri. Harga masakan khas yang lezat ini sekitar Rp100 ribu per porsi ukuran kepala ikan seberat satu kg. Sedangkan minuman khasnya adalah es kunci atau es jeruk khas Belitung.

Hidangan lainnya hampir sama dengan hidangan laut yang kerap bisa kita peroleh di daerah lain. Namun cara penyajiannya sedikit berbeda. Ikan bakar atau udang bakar misalnya, disajikan di atas piting yang dialasi daun sempur. Bukan daun pisang seperti yang biasa kita lihat.

Daun sempur adalah daun tanaman khas yang banyak tumbuh di Pulau Belitung. Makanan dan minuman itu bisa dimikmati di rumah-rumah makan yang berada di sekitar pantai maupun di tengah kota Tanjung Pandan.

Untuk berkunjung dari satu tempat ke tempat lainnya saat berwisata di Pulau Belitung jangan mengkhawatirkan kendaraan, karena di Tanjung Pandan rental mobil dengan tarif sewa terendah sekitar Rp400 ribu per hari. Sedangkan penerbangan dari Jakarta saat ini dilayani oleh maskapai Sriwijaya Air tiga kali sehari dan Batavia Air satu kali sehari.

Pada penerbangan jam tertentu, harga tiket promosi ada yang kurang dari Rp300 ribu untuk sekali jalan dan termahal tidak sampai Rp1 juta.

Tarif-tarif tersebut tentu relatif terjangkau jika dibandingkan dengan tarif berwisata ke luar negeri yang belum tentu lebih berkesan. Selamat berlibur. (Pbu/X-13)

MI/Patna Budi Utami|Kamis, 22 Desember 2011 12:47 WIB|mediaindonesia.com

← Next post Previous post →
admin tagged this post with: , Read 107 articles by

Reservasi Tiket

ChitChat

Reservasi Hotel dan Tiket Kereta

reservasi-tiket-pesawat reservasi-tiket-pesawat

Jadwal Penerbangan