Bertemu orang utan di Pangkalan Bun

Pangkalan Bun merupakan pintu gerbang bagi Anda yang ingin merasakan petualangan di alam liar Taman Nasional Tanjung Puting yang eksotis.

pangkalanbun-orangutan

Pangkalan Bun sebagai ibukota Kabupaten Kotawaringin Barat, provinsi Kalimantan Tengah, Indonesia. Secara administratif, Pangkalan Bun merupakan berada di kecamatan Arut Selatan. Kabupaten Kotawaringin Barat sebagai pintu gerbang Propinsi Kalimantan tengah di bagian Barat memiliki jaringan transportasi baik udara, laut, sungai maupun darat.

Pangkalan Bun merupakan kota yang kaya akan potensi alam yang cukup bagus. Ada beberapa potensi yang patut dikembangkan di masa datang diantaranya di bidang pertanian, antara lain potensi kelapa sawit, lada, jeruk dan ragam pertanian masrakat yang dikembangkan secara alami pengembangan pembudidayaan pasak bumi dana penanaman bibit kayu ulin yang sangat terkenal.

Pangkalan Bun juga memiliki obyek wisata alam yang dikenal dengan Taman Nasional tanjung Putting.

(TNTP) adalah rumah bagi berbagai Pangkalan Bun merupakan pintu gerbang bagi Anda yang ingin merasakan petualangan di alam liar Taman Nasional Tanjung Puting yang eksotis macam spesies hewan unik, spesies yang paling terkenal yang membuat Taman Nasional ini tersohor adalah hewan yang tidak berbahaya yaitu Orang Utan (Pongo Pygmaeus)

pangkalanbun-taman nasional

Taman ini juga terkenal dengan populasi monyet proboscis atau Bekantan (Nasalis Larvatus), seekor monyet besar yang diseluruh dunia hanya dapat ditemukan di Kalimatan.

Primata lain yang ditemukan ditaman ini termasuk Agile Gibbon (Hylobates Agilis), monyet pemakan daun merah atau langur marun (Presbytis Rubicunda), langur silver (Pre sbytis Cristata), monyet pemakan kepiting atau makaw ekor panjang (Macaca Fascicularis), dan makaw ekor babi (Macaca Nemestriana).

Potensi wisata yang tidak kalah menarik adanya TNTP (Taman Nasional Tanjung Puting) Orang Utan Proyek, dimana selain pusat peliaran kembali kehabitatnya, di sana juga terdapat banyak fauna seperti Bekantan, Uwa-Uwa, Beruang Madu, Kijang, Rusa dan satwa air yang menarik, buaya, ikan toman dan banyak lagi flora dan fauna yg hidup di TNTP.

Taman Nasional Tanjung Puting memiliki beberapa tipe ekosistem yang terdiri dari hutan hujan tropika dataran rendah, hutan tanah kering, hutan rawa air tawar, hutan mangrove, hutan pantai, dan hutan sekunder.

Kawasan ini didominir oleh tumbuhan hutan dataran rendah seperti jelutung (Dyera costulata), ramin (Gonystylus bancanus), meranti (Shorea sp.), keruing (Dipterocarpus sp.), dan rotan.

Jenis satwa langka endemik dan dilindungi yang terdapat di hutan Taman Nasional Tanjung Puting antara lain orangutan (Pongo pygmaeus), bekantan (Nasalis larvatus), lutung merah (Presbytis rubicunda rubida), beruang (Helarctos malayanus euryspilus), kancil (Tragulus javanicus klossi), macan dahan (Neofelis nebulosa), dan kucing hutan (Prionailurus bengalensis borneoensis).

Pangkalan Bun memiliki bandar udara yaitu Iskandar. Jarak Bandara dengan kota Pangkalan Bun hanya 10 km. Transportasi udara melalui Bandara Iskandar Pangkalan Bun dengan menggunakan pesawat Kalstar Aviation dapat melayani penerbangan antara lain Semarang, Jakarta, Ketapang, Sampit, Banjarmasin dan Pontianak.

The Inflight Magazine of Kalstar Aviation Vol. I – 2011

← Next post Previous post →
admin tagged this post with: , Read 107 articles by

Reservasi Tiket

ChitChat

Reservasi Hotel dan Tiket Kereta

reservasi-tiket-pesawat reservasi-tiket-pesawat

Jadwal Penerbangan