Pesona Ngarai Sianok

Ngarai atau lembah yang sangat memesona dengan pepohonan hijau terbentang luas di atas terjalnya perbukitan. Kedalaman Ngarai Sianok ini mencapai 100 meter dan membentang sepanjang 15 kilometer dengan lebar sekitar 200 meter. Ngarai Sianok ini merupakan bagian dari patahan yang memisahkan pulau Sumatera menjadi dua bagian memanjang (Patahan Semangko) yang membentuk dinding yang curam bahkan tegak lurus. Ngarai Sianok ini berada di perbatasan kota Bukittinggi dengan Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam, Sumbar. Di dasar ngarai ini dialiri Batang Sianok dengan air yang sangat jernih. Nah, kita bisa mengarungi sungai atau Batang Sianok ini dengan kano atau kayak.

Wisata lain di Ngarai Sianok ini adalah Lubang Jepang yang letaknya sekitar 40 meter di bawah tanah. Lubang ini didirikan pada 1942-1945 oleh penduduk-penduduk setempat. Semuanya dikerjakan secara paksa oleh tentara Jepang. Nah, di dalam Lubang Jepang ini terdapat 21 lorong kecil yang memiliki kegunaan yang berbeda-beda. Ada lorong penyimpanan amunisi, dapur, penjara, ruang sidang, ruang penyiksaan, tempat pengintaian, tempat penyergapan, dan pintu pelarian. Menarik untuk dikunjungi!

—> Dari bandara Minangkabau, Padang, dapat ditempuh dengan mobil pribadi atau angkutan umum menuju Bukittinggi sekitar 2 jam perjalanan. Dari pusat kota Bukittingi kita bisa mencapai Ngarai Sianok dengan naik delman.

padang-ngaraisianok

LionMagz|May 2001

← Next post Previous post →
admin tagged this post with: Read 107 articles by

Reservasi Tiket

ChitChat

Reservasi Hotel dan Tiket Kereta

reservasi-tiket-pesawat reservasi-tiket-pesawat

Jadwal Penerbangan