Medan – Antara Becak Motor, Roti Canai, Hingga Durian

Horas! Sebagai pusat pemerintahan Provinsi Sumatera Utara, Medan berkembang menjadi kota metropolitan. Sebagian besar penduduknya adalah suku Batak dan Melayu. Selebihnya Jawa, Cina, Aceh dan India. Tentunya dengan penduduk yang beragam ini menjadikan Medan semakin semarak adat dan budayanya. Geliat ekonomi yang semakin maju membawa Medan menjadi kota terbesar ketiga setelah Jakarta dan Surabaya. Pusat perbelanjaan, restoran, perkantoran, hotel tumbuh cukup pesat. Untuk mencapai kota ini dapat ditempuh dengan moda transportasi darat, laut maupun udara.

Sebelum menjelajah Medan, ada baiknya kita mencoba moda transportasi khas Medan, becak motor atau becak mesin. Dengan beberapa ribu kita bisa berkeliling kota. Di kota ini banyak dijumpai bangunan kuno peninggalan kolonial Belanda, tepatnya di kawasan yang dikenal dengan nama Kesawan. Nah, di wilayah ini ada pusat kuliner dan jalan-jalan yaitu Merdeka Walk. Kita juga bisa berkunjung ke Istana Maimun yang berada di Jl. Brigjend Katamso. Tidak jauh dari Istana Maimun, tepatnya di Jl. SM. Raja berdiri megah Mesjid Raya Medan.

medan-wisata

Kawasan Kampung Madras menawarkan suasana yang berbeda. Di wilayah ini kita bisa menjumpai orang keturunan India dengan berbagai macam makanan khas India. Wajar saja bila kawasan sering juga disebut Little India. Di daerah ini juga terdapat Kuil Shri Mariamman yang berdiri megah dengan segala keindahannya. Bila ingin tempat wisata yang agak jauh dari Medan sekitar 78 km, Tanah Karo bisa menjadi pilihan. Salah satu tempat terkenal di Tanah Karo adalah Berastagi. Udara yang sejuk dengan hamparan ladang pertanian yang indah, luas dan hijau menjadi ciri khas daerah ini. Selain itu kita juga bisa lanjut ke Air Terjun Sipiso-piso dan desa adat Lingga. Tentunya, bila sudah sampai Medan sayang sekali rasanya apabila tidak menyempatkan diri pergi ke Danau Toba dan menyeberang ke pulau Samosir dan mengakhirinya dengan menyantap durian di Ucok durian.

TEKS & FOTO: RISTIYONO | The Magazine of Wings Air | December 2010

← Next post Previous post →
admin tagged this post with: , Read 107 articles by

Reservasi Tiket

ChitChat

Reservasi Hotel dan Tiket Kereta

reservasi-tiket-pesawat reservasi-tiket-pesawat

Jadwal Penerbangan