Bunaken, Manado

Nama Bunaken sudah sangat sering sekali tergaung di dalam kehidupan kita, sejak kita SD, sering sekali guru-guru kita selalu membicarakan keindahan laut di Bunaken. Banyak sekali wisatawan mancanegara sangat mendambakan agar dapat berlibur dan menyelam di pulau kecil sebesar 8 km2 ini.

Pulau yang terletak di barat laut kota Manado ini, memiliki keaneka ragaman kehidupan yang sangat besar, karena pulau-pulau ini merupakan tempat dimana plankton-plankton yang merupakan makanan semua mahluk hidup biota laut naik ke permukaan. Karena banyaknya jumlah plankton yang naik ke atas permukaan laut, banyak biota laut yang memilih tempat ini sebagai rumahnya. Snorkler dan diver bisa melihat 70%-80% jenis biota laut yang ada di dunia, tujuh dari delapan spesies dari kerang raksasa dapat di ketemukan di Bunaken.

DI Bunaken, banyak sekali yang dapat di lakukan untuk menikmati keindahan bawah lautnya, mulai dari melihat hanya dari glass bottom boat, snorkeling dan personal favorite, scuba diving. Tidak heran jika scuba diving merupakan kegiatan yang paling menyenangkan bagi semua turis. disini para turis bisa menemui hampir 70-80% ikan dan terumbu karang yang ada di dunia.

Keindahan terumbu karang di Pulau Bunaken juga masih sangat bagus. Mereka tidak mengalami proses pemutihan atau coral bleaching, efek dari badai el-nino sehingga warna dan keindahannya tetap terjaga. Selain faktor alam, kondisi karang Bunaken juga di jaga oleh warga-warga sekitar yang berpatroli tanpa kenal lelah untuk menjaga keutuhan taman laut ini. Mereka menyadari, tanpa karang laut yang sehat maka mereka akan kehilangan mata pencaharian yang baik. Kesuksesan taman laut Bunaken sekarang di ikuti oleh semua taman laut yang bermunculan di Indonesia.

Di Bunaken, para turis dapat menemui banyak sekali hal-hal yang jarang sekali dapat di lihat seperti:

Pygmy Seahorse:kuda laut adalah kuda laut yang sangat unik. Ukuran kuda laut ini hanya sebesar jari kuku, dan biasanya berwarna pink menyerupai rumahnya yang di gorgonian sea fan. Kuda laut ini akan selalu menyerupai warna dari rumah kuda laut tersebut untuk menghindari kejaran hewan pemangsa mereka seperti ikan kerapu.

Siput Laut atau yang biasa di sebut Nudibranch: Siput laut sangat mudah di ketemukan di Bunaken. Tidak seperti saudaranya yang di darat, siput laut tidak mempunyain cangkang yang keras tapi sangat beragam warnanya dapat juga di ketemukan di Bunaken. Untuk informasi dan foto-foto yang lebih lengkap tentang nudibranch silahkan kunjungi artikel ini.

Sebagai tambahan, Bunaken merupakan tempat konservasi alam yang sukses, hal ini menyebabkan banyak sekali kura-kura yang dapat mencapai umur 80 tahun sehingga turis dapat melihat banyak sekali kura-kura sebesar meja tulis.

Menuju Kesana

Dari Jakarta banyak airline yang memiliki rute terbang ke Manado hampir tiap harinya. Untuk mencapai Manado, kita harus terbang selama kurang lebih 3 jam dari Jakarta. Di Manado, Anda dapat menginap di kota Manadonya lalu menghubungi dive resort untuk mengaturkan liburan anda di pulau Bunaken sehingga liburan anda lebih nyaman dan tidak terlalu banyak mengurusi urusan-urusan seperti logistik dan kapal.

Teks & Foto: Fredi Tansari|discoverindo.com|October 31, 2011

← Next post Previous post →
admin tagged this post with: , Read 107 articles by

Reservasi Tiket

ChitChat

Reservasi Hotel dan Tiket Kereta

reservasi-tiket-pesawat reservasi-tiket-pesawat

Jadwal Penerbangan