Pesona Menakjubkan Lion Fish di Bunaken, Manado

ikan di bunaken, manadoKeindahan Taman Laut Bunaken sangat luar biasa, warna-warni terumbu karang dan ikan yang ada begitu menakjubkan. Begitu kekaguman Cameron Hume, mantan Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat untuk Republik Indonesia. Hume hanya satu dari jutaan orang yang terpesona menikmati keindahan alam bawah laut di Bunaken. Kekayaan beragam terumbu karang yang indah dan menarik memikat wisatawan, peneliti dan pelancong dari seluruh dunia.

Untuk menikmati keindahan Taman Laut Bunaken, Anda dapat menyisir laut dengan menggunakan perahu katamaran atau glass bottom boat. Jenis perahu yang di bagian bawah terbuat dari bahan tembus pandang, sehingga Anda bisa langsung melihat dunia di dalam laut. Atau, Anda bisa langsung ber-diving untuk menikmati keindahannya.

Menurut sejumlah fotografer profesional spesialis underwater photography, alam bawah laut Bunaken adalah keindahan yang tersembunyi, temaram, bisu, sunyi, dan sulit ditebak. Selain unik, taman laut Bunaken artistik dan fantastis. Inilah mengapa menyelami laut Bunaken merupakan suatu perjalanan yang istimewa. Berada di Teluk Manado, taman laut Bunaken memiliki luas 8,08 km2. Terletak sekitar 8 km dari daratan Kota Manado, dan dapat ditempuh setengah hingga dua jam. Di sini, ada 20 titik selam, dan 12 di antaranya berada di sekitar Pulau Bunaken. Sebagian besar dari 12 titik penyelaman di Pulau Bunaken, berjajar dari bagian tenggara hingga bagian barat laut pulau di Teluk Manado itu. Di wilayah inilah terdapat underwater great walls, yang disebut juga hanging walls, atau dinding-dinding karang raksasa yang berdiri vertikal dan melengkung ke atas.

Manjakan mata Anda dengan 91 jenis ikan. Di antaranya ikan kuda gusimi lokal (Hippocampus), koi putih (Seriola rivoliana), lolosi ekor kuning (Lutjanus kasmira), goropa (Spilotocepsep hinephelus dan Hypselosoma pseudanthias), nila gasi (Scolopsis bilineatus), dan lain-lain. Penyelam juga bisa menemukan moluska seperti kima raksasa (Tridacna gigas), ikan kepala kambing (Cassis cornuta), nautilus (Nautilus pompillius), dan tunikates, atau askidian. Tak kalah memukau Lion Fish (Petreois sp). Paduan warna merah muda, hitam dan putih membuatnya sulit dilewatkan saat diving.

Carlo Tewu, yang sehari-hari Kapolda Sulut, mengabadikan sebagian keindahan laut Bunaken. Ikan warna-warni yang dijepret oleh pemburu teroris itu hanya secuil dari keindahan dan keragaman hayati di Bunaken. Tak kalah sulit dengan memburu dan membekuk pelaku perdagangan narkoba, kata mantan Dirnarkoba Polda Jaya itu, membandingkan dengan ketekunan dan kepiawaian yang diperlukan untuk membidik ikan-ikan yang berenang di hutan terumbu karang Bunaken. Ayah tiga putri itu tak bisa menyembunyikan kebahagiaannya kala mendapatkan bidikannya. Semua rasa lelah hilang seketika, katanya dengan mata berninar-binar. Di tangan Carlo Tewu, perwira yang murah senyum dan bersahabat itu, Lion Fish menjadi suguhan keindahan yang menakjubkan.

Teks: Suhendro Boroma Foto: Carlo Tewu|THE MAGAZINE OF WINGS AIR – FEBRUARI 2012

← Next post Previous post →
admin tagged this post with: , Read 107 articles by

Reservasi Tiket

ChitChat

Reservasi Hotel dan Tiket Kereta

reservasi-tiket-pesawat reservasi-tiket-pesawat

Jadwal Penerbangan