Museum Karmawibhangga: Penyimpan Puzzle dari Candi Borobudur

Museum Karmawibhangga terletak di dalam kompleks Taman Wisata Candi Borobudur. Selain menyimpan koleksi benda purbakala, di Museum ini juga terdapat patung Unfinished Budha dan foto relief yang tersembunyi di balik kaki candi.

Inilah museum yang menyimpan puzzle dari Candi Borobudur yang tersusun dari 2 juta balok batu vulkanik yang dipahat sedemikian sehingga saling mengunci. Candi ini dibangun selama 75 tahun dan sejak pertengahan abad ke-9 hingga awal abad ke-11. Dulunya candi ini menjadi tempat peziarahan umat Buddha dari China, India, Tibet, dan Kamboja.

Di dalam museum ini terdapat dua ruang display utama yaitu Ruang Pemugaran dan Ruang Karmawibhangga. Ruang Pemugaran berisi foto-foto pemugaran Candi Borobudur, teknik-teknik pemasangan batu, beberapa artefak hasil penggalian dalam rangka pemugaran candi Borobudur, serta beberapa artefak bernuansa agama Hindu yang ditemukan di sekitar Candi Borobudur.

Ruang Karmawibhangga berisi 160 foto Relief Karmawibhangga yang dipahat pada kaki candi dimana karena suatu hal tidak bisa dinikmati karena adanya penambahan kaki candi selebar 3 m mengelilingi kaki candi yang berelief Karmawibhangga.

Di bagian selasar museum juga dapat diamati batu-batu candi yang belum ditemukan pasangannya sehingga belum bisa dipasang kembali ke posisi aslinya di Candi Borobudur. Juga bisa dicermati cara-cara pemasangan batu relung. Terdapat juga koleksi kepala Budha terbesar di Indonesia yang ditutup dengan vitrin kaca. Kepala Budha ini merupakan potongan dari badan arca Budha yang ditemukan di Selomerto, Wonosobo. Koleksi lain yang tidak kalah pentingnya yang ditempatkan sebagai koleksi outdoor adalah Cattra Stupa (bagian atas stupa utama Candi Borobudur).

Patung Unfinished Budha merupakan patung Budha dengan bentuk yang tidak sempurna. Patung ini dulunya berada di relung stupa induk. Ketidaksempurnaan patung tersebut untuk melambangkan kesempurnaan Sang Budha, namun ada orang yang berpendapat bahwa bentuknya yang tidak sempurna itu murni kesalahan pemahat. Bagi masyarakat sekitar Candi Borobudur, Arca Budha yang belum selesai tersebut dipercaya masih memiliki kekuatan magis. Mereka menyebutnya dengan nama Mbah Belet. Pada hari-hari yang dianggap keramat, misalnya Jumat Kliwon, masih dapat dijumpai beberapa orang datang membawa bunga sesaji ke arca tersebut.

Alamat :

Museum Karmawibhangga
Taman Wisata Candi Borobudur
Jalan Badrawati, Borobudur, Magelang
Jawa Tengah 56553
Telp. 0293-788 266
Fax. 0293-788 312
http://www.konservasiborobudur.org

Fasilitas
Luas tanahnya 6.400 m2 dan luas bangunan 764,46 m2, dengan fasilitas sebagai berikut.
Ruang Pameran Tetap
Ruang Pameran Temporer
Ruang Auditorium
Ruang Laboratorium/Konservasi
Ruang Penyimpanan Koleksi
Ruang Administasi
Audio Visual
Cafetaria/Coffe shop
Toilet

Jam Kunjungan
Senin-Minggu 06.00-17.30

Tiket
Tiket masuk Candi Borobudur Rp15.000,00. Tidak ada tiket yang perlu dibayarkan untuk masuk ke museum ini, sebab sudah satu paket dengan tiket masuk Candi Borobudur.

Transportasi
Anda bisa menggunakan bus dari terminal Jombor, Yogyakarta. Turun di terminal Borobudur dan berjalan kaki ke Candi Borobudur sekitar 10-15 menit.
Jarak tempuh dari bandar udara : 40 Km
Jarak tempuh dari pelabuhan laut : 80 Km
Jarak tempuh dari terminal bus : 1 Km
Jarak tempuh dari stasiun kereta api : 40 Km

indonesia.travel/id/destination/233/borobudur/article/12/museum-karmawibhangga-penyimpan-puzzle-dari-candi-borobudur

← Next post Previous post →
admin tagged this post with: , Read 107 articles by

Reservasi Tiket

ChitChat

Tiket Kereta

reservasi-tiket-pesawat

Jadwal Penerbangan Domestik