Potensi Wisata Jayapura Kini Gencar Dipromosikan

Promosi bidang kepariwisataan di Kota Jayapura, Papua, kini gencar dilakukan instansi terkait. Ini terkait langsung dengan persetujuan pemerintah dan DPR untuk menjadikan Papua Barat sebagai salah satu dari lima provinsi di Indonesia bagian timur untuk dijadikan daerah unggulan wisata. Empat provinsi lain yang ditetapkan menjadi daerah wisata unggulan adalah Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Timur, dan Nusa Tenggara Barat.

Dengan ditetapkannya Papua Barat sebagai daerah unggulan wisata, Gubernur Papua berkeyakinan bahwa daerahnya akan terkena imbas kedatangan banyak wisatawan dari sekitar Raja Ampat ke Jayapura. Itu sebabnya segenap pimpinan daerah di Papua mendapat seruan Gubernur untuk mendukung program mempercantik wajah Kota Jayapura. Semua lokasi wisata di Jayapura juga dibenahi sehingga pada saatnya turis-turis dari Papua Barat ingin melanjutkan perjalanan ke Jayapura, maka objek wisata yang akan dikunjungi sudah benar-benar siap.

Salah satu kegiatan yang menonjol kini dilakukan oleh pemerintah Papua adalah membangun jalan ke objek-objek wisata yang ada di Jayapura. Begitu juga sejumlah bangunan hotel melati dan berbintang serta tempat-tempat suvenir, semuanya diminta ikut berbenah agar siap menerima kunjungan banyak wisatawan tahun depan.

Kini tercacat lebih dari 20 hotel berkelas menengah dan tinggi dibangun oleh para investor lokal dan nasional. Hotel-hotel berkelas itu tampaknya makin menarik minat para wisatawan berkunjung ke sana. Kini muncul lagi satu hotel mewah di Jayapura, yakni Swiss-BelHotel.

Hotel kebanggaan masyarakat Papua itu dipastikan akan menjadi sasaran utama tempat peristirahatan wisatawan mancanegara jika berkunjung ke Papua. Soalnya, hotel berkamar 96 unit itu memiliki kelengkapan-kelengkapan yang diperlukan wisatawan, di antaranya ruang hiburan, sarana rekreasi bagi keluarga, dan ruang-ruang MICE (meeteng, insentive, convention, exshibition). Lebih spesialis lagi, hotel ini menyiapkan beragam menu khas Papua dan Papua Barat, juga menu-menu Eropa, Amerika, dan seafood yang cocok untuk orang-orang Asia.

Juru bicara Swiss-belHotel Papua, Ny Cucu, mengatakan, agar hotelnya bisa terus menjadi tempat peristirahatan kebanggaan banyak wisatawan, pihaknya akan mengolah potensi hasil bumi tanah Papua, seperti buah merah, matoa, sagu, keladi, dan bahan-bahan pertanian khas Papua, untuk dijadikan bahan baku pembuatan menu khas di Swiss-belHotel.

“Kita bisa bikin aneka bentuk cake, cokies, atau roti dari amacam-macam bahan utama yang ada di tanah Papua untuk dijual kepada wisatawan,” ujar Ny Cucu.

Sementara itu, rekan Ny Cucu, Bastian Bwepar, yang juga salah seorang pejabat di Swiss-belHotel Papua, kepada Suara Karya meyakinkan, jika pembenahan semua potensi kepariwisataan di Papua sudah dilakukan, sementara pemda juga serius memperbaiki jaringan komunikasi dari dan ke Jayapura, pasti wisatawan akan semakin banyak datang ke Jayapura.

“Harus diingat, banyak orang Indonesia yang ingin ke Amerika Serikat akhir-akhir ini menggunakan jalur Jakarta-Jayapura-Washington. Itu artinya, nama Jayapura sudah dikenal banyak wisatawan asal Amerika Serikat yang dikenal royal jika membelanjakan dolarnya di Indonesia. Nah, untuk meyakinkan bahwa Jayapura sekarang lebih menarik dari tahun-tahun silam, tentu saja semua potensi kepariwisataan yang ada di Papua harus ditata dan dibenahi agar menarik,” ujar Bastian.

Swiss-belHotel sendiri sudah lama mengantisipasi bahwa mulai tahun 2008 Papua akan didatangi banyak wisatawan mancanegara. Bisa begitu karena keberhasilan Papua Barat memasarkan potensi wisata Raja Ampat ke seluruh dunia membuat banyak investor asing berdatangan ke Jakarta untuk ikut mengolah potensi wisata di kawasan Raja Ampat. “Kami yakin, wisatawan yang datang ke Papua Barat-yang tahun depan menjadi daerah wisata unggulan-juga akan meneruskan perjalanannya ke Jayapura. Karena itu, kami kerja keras mempercantik Swiss-belHotel,” lanjut Bastian.

Objek-objek wisata di daerah Jayapura yang diyakini banyak pejabat di Papua bisa dijadikan daya tarik wisatawan mancanegara adalah lokasi rekreasi Pantai Base-G Besji, Pantai Hamadi, dan Pantai Holte Camp.

Suasana malam Kota Jayapura juga cantik sekali. Apalagi topografi Jayapura yang bergunung-gunung dan lembah kini sudah dilengkapi beragam lampu hias, sehingga di malam hari wajah Jota Jayapura terang dan berwarna-warni. Itulah daya tarik kepariwisataan Jayapura. (Yacob Nauly)

Jumat, 16 Nopember 2007

www.suarakarya-online.com

← Next post Previous post →
admin tagged this post with: , Read 107 articles by

Reservasi Tiket

ChitChat

Reservasi Hotel dan Tiket Kereta

reservasi-tiket-pesawat reservasi-tiket-pesawat

Jadwal Penerbangan