Objek Wisata Jayapura Dipadati Pengunjung

Jayapura – Sejumlah objek wisata di sekitar Jayapura, ibu kota Provinsi Papua, Sabtu (02/01), dipadati pengunjung yang memanfaatkan liburan akhir pekan, sekaligus rangkaian liburan Tahun Baru 2010 yang berlangsung hingga Minggu (3/1).

Objek wisata yang ramai itu antara lain Pantai Holtekamp, Base G dan wisata pemancingan di Koya.

Di Pantai Base G, semua pondok dan bangku yang dibangun warga setempat untuk wisatawan terisi semua, bahkan ada yang rela menggelar tikar di pantai berpasir itu.

Pada akhir pekan, pengunjung selalu memadati pantai ini, kata salah seorang warga setempat, Veronika Makanuai, yang menyewakan toilet dan kamar mandinya untuk wisatawan.

Sementara di Pantai Holtekamp, sekitar 20 km arah timur Jayapura, warga yang memadati pantai wisata tersebut dikagetkan oleh munculnya dua ikan hiu berukuran lebih dari dua meter berenang hanya sekitar 20 meter dari bibir pantai, bahkan mendekati para pengunjung yang tengah mengisi akhir pecan dengan mandi dan berenang di laut.

Sejumlah pengunjung bahkan bisa menyentuh tubuh ikan besar itu dan peristiwa kehadiran sepasang hiau itu berlangsung sekitar dua jam, sebelum akhirnya menjauh dari tepian pantai menuju ke gugusan pulau-pulau kecil yang terletak di tengah Teluk Yos Sudarso.

Seorang warga setempat, Rumbai Rusi yang dimintai komentar atas kejadian tersebut mengatakan, kemunculan ikan besar tidak jauh dari bibir pantai saat pengunjung dalam jumlah banyak adalah sesuatu yang tidak pernah terjadi sebelumnya.

Dia bahkan heran, melihat kedua ikan itu tampak jinak dan bercengkerama dengan sejumlah pengunjung.

Sekitar lima kilometer semakin ke timur dari Pantai Holtekamp, juga terdapat sebuah obyek wisata pemancingan yang disiapkan oleh warga transmigran yang berhasil membangun kehidupan mereka di daerah transmigrasi Koya.

Alimudin, salah seorang warga Jayapura yang datang ke Koya untuk memancing mengaku, sering menghabiskan akhir pekan di tempat itu.

“Di sini warga Jayapura selalu datang untuk memancing, karena hampir semua warga transmigran menyediakan kolam pemancingan untuk para pengunjung,” katanya.

Bagi pengunjung yang tidak menyiapkan alat pancing, bisa menyewa dari warga. Hasil pemancingan seperti ikan mujair yang banyak dipelihara warga pun bisa dibakar langsung di lokasi atau dibawa pulang.

Pada Sabtu di Kota Jayapura memang terjadi hujan sporadis di sejumlah tempat, termasuk di Skyland dan kawasan menuju ke Pantai Holtekamp dan Koya, namun warga tetap berbondong-bondong mendatangi obyek-obyek wisata tersebut untuk mengisi akhir pekan.(ant/waa)

Ditulis oleh Era Baru News

Sabtu, 02 Januari 2010

www.erabaru.net

← Next post Previous post →
admin tagged this post with: , Read 107 articles by

Reservasi Tiket

ChitChat

Reservasi Hotel dan Tiket Kereta

reservasi-tiket-pesawat reservasi-tiket-pesawat

Jadwal Penerbangan