Ada ‘Jejak Atlantis’ di Jambi.. ?

Jakarta – Di Indonesia, Danau Toba adalah taman bumi atau geopark yang paling terkenal. Namun, Jambi juga punya geopark dengan fosil purba. Sebagian orang percaya, itulah ‘jejak Atlantis’ yang tenggelam.

img

Sungai Batanghari yang terkenal di Jambi (Titisari Raharjo/dTraveler)

Geopark itu terletak di Kabupaten Merangin. Di sana terdapat formasi batu-batu megalith, serta berbagai fosil hewan laut yang ditemukan di tepi Sungai Batanghari.

“Ada ilmuwan yang bilang, Jambi jadi salah satu bukti Atlantis di Indonesia. Saya tidak tahu benar atau tidaknya, tapi di Kabupaten Merangin ini banyak bukti peninggalan berupa fosil tumbuhan,” tutur Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi, Didy Wurjanto, dalam konferensi pers di Lantai 17 Gedung Sapta Pesona, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (10/9/2012).

Lanjut Didy, geopark di Kabupaten Merangin ini punya fosil tumbuhan 350 juta tahun yang lalu. Beberapa di antaranya adalah Taeniopteris sp. dan Lepidodendron sp. yang jadi makanan hewan purba seperti dinosaurus.

“Waktu itu Jambi masih berupa gunung berapi purba, meletus sampai 7 kali. Abu letusannya itu yang mengawetkan fosil,” tambahnya.

Uniknya, tumbuhan purba seperti ini tidak ditemukan di provinsi-provinsi terdekat Jambi, seperti Lampung atau Riau. Fosil seperti dua tumbuhan tersebut malah ditemukan di Indochina.

“Makanya ahli geologi menyimpulkan, Jambi adalah potongan Indochina. Hal ini juga terbukti lewat adanya fosil kerang laut di batu-batu di pinggiran Sungai Batanghari,” tutur Didy.

Fosil kerang laut tersebut juga menjadi indikasi bahwa Jambi, ratusan juta tahun yang lalu, pernah berada di bawah permukaan laut. Hingga sekarang, masih sedikit wisatawan yang tahu tentang adanya geopark ini. Padahal peninggalan-peninggalan purba seperti fosil dan batu-batu megalith tak boleh dianggap sepele.

Geopark di Kabupaten Merangin menjadi salah satu objek wisata unggulan di Jambi. Provinsi ini punya 57 wisata sejarah dari total 223 objek wisata. Yang paling terkenal tentu adalah kompleks Candi Muaro Jambi.

“Dua objek wisata sejarah ini (geopark Kab Merangin dan Muaro Jambi) sama-sama berlokasi di sekitar Sungai Batanghari,” tutup Didy.

Oleh: Sri Anindiati Nursastri – detikTravel|Senin, 10/09/2012 15:13 WIB|travel.detik.com

← Next post Previous post →
admin tagged this post with: , Read 107 articles by

Reservasi Tiket

ChitChat

Reservasi Hotel dan Tiket Kereta

reservasi-tiket-pesawat reservasi-tiket-pesawat

Jadwal Penerbangan