Ini Dia 6 Destinasi Liburan di Bandung Pilihan Anda

Segudang wisata seru dan asyik, bertebaran di setiap sudut Kota Bandung, Jawa Barat. Ini dia 6 destinasi liburan di Bandung, pilihan para d’Traveler. Mau tahu?

Berlibur ke Kota Kembang Bandung, pertama kali yang harus dipikirkan adalah memilih destinasi agar tidak salah pilih dan sia-sia. Banyak destinasi seru dan menarik tersebar di seluruh pelosok Bandung.

detikTravel menggelar survei kepada para d’Traveler pada Senin-Selasa 4-5 Juni 2012. Dari respon yang beragam, muncullah 6 destinasi yang menjadi pilihan favorit. Bisa jadi ini pun menjadi pilihan Anda ketika berlibur ke Bandung.

Berikut 6 destinasi pilihan d’Traveler saat liburan di Bandung yang detikTravel himpun, Kamis (7/6/2012):

1. Dago (18 persen)

“Belum ke Bandung kalau tidak menyusuri Dago!” Itulah pernyataan untuk siapapun yang pergi ke Bandung. Sebanyak 18 persen d’Traveler memilih Dago sebagai destinasi ketika liburan di Bandung.

Membicarakan Dago memang tak akan ada habisnya. Kawasan di Jalan Ir H Juanda ini membentang dari perempatan Jalan Riau sampai Terminal Dago Atas. Jejeran factory outlet (FO) pun menjadi identitas khususnya.

Belanja! Menjadi prioritas pelancong, tanpa peduli uang mereka akan habis seketika. Blossom Family Outlet, Grande Factory Outlet, Central Branded Outlet, Level Factory Outlet, Gossip Factory Outlet, dan masih banyak FO lainnya, siap menggoda hasrat belanja Anda dan merogoh kantong dalam-dalam. Setiap FO di kawasan ini, menawarkan berbagai jenis dan kualitas barang. Untuk urusan harga, Anda harus lihai mengatur isi dompet agar tidak kebobolan.

Selain itu, d’Traveler juga bisa jalan-jalan di Dago Plaza yang menjadi tempat favorit muda-mudi Bandung menghabiskan malam. Tidak hanya wisata belanjanya, Dago juga menyediakan beragam kesenangan lainnya, seperti Taman Ganesha, Kebun Binatang Bandung, dan Dago Pakar.

2. Ciwidey (16 persen)

Kawasan wisata alam di Kabupaten Bandung ini berhasil mengambil 16 persen suara dari 100 d’Traveler. Siapa tidak terbuai menikmati kesejukan udara dan keindahan alam Ciwidey.

Ciwidey tekenal dengan beragam sajian pesona alam Bandung. Kawah Putih menjadi favoritkan untuk d’Traveler. Pemandangan elok serba putih dari bukit kapurnya, semakin sempurna berpadu dengan air kawah yang berwarna hijau keputihan. Meskipun harga tiketnya agak mahal, Kawah Putih tidak pernah kehilangan penggemar.

Selain Kawah Putih, Ciwidey juga masih punya Situ Patenggang, Penangkaran Rusa Ranca Upas, Pemandian Air Panas Alam Cimangu, Gunung Patuha, Kawah Cibuni, dan Walini. Kemudian, pelesiran Anda di Ciwidey bisa ditutup dengan memanen strawberry yang berada di sepanjang jalan Soreang-Ciwidey-Rancabali.

3. Lembang (14 persen)

Lembang menjadi pilihan wisatawan saat memilih destinasi liburan alam di Bandung, selain Ciwidey. Buktinya, 14 persen responden menetapkan daerah di Kabupaten Bandung Barat ini sebagai destinasi saat liburan di Bandung.

Observatorium Bosscha dan menikmati udara dingin di Tangkuban Perahu menjadi favorit d’Traveler. Nah, bila Anda ingin bertandang ke Bosscha, terlebih dahulu harus mengetahui jadwal kunjungan dan pemberitahuan kepada pihak informasi. Ini dilakukan agar kedatangan wisatawan tidak bentrok, dikarenakan tempatnya terbatas.

Berbeda dengan Bosscha, berkunjung ke Tangkuban Perahu jauh lebih bebas. Daerah yang menjadi titik tertinggi di Lembang ini menawarkan panorama pegunungan dan kawah belerang. Berada di daerah tinggi menciptakan suasana di sini sangat dingin dan kabut bisa turun sewaktu-waktu.

Selain kedua destinasi ini traveler juga bisa memilih destinasi lainnya yang tidak kalah seru. Pelancong bisa bertualang di Maribaya, mandi air panas di Ciater, merasakan kesegaran Curug Cimahi, bergaya ala koboi di De Ranch, atau bersantai di Situ Lembang. Semua keseruan ini bisa Anda pilih sesuka hati.

4. Jalan Setiabudi (12 persen)

Bergeser ke bagian utara Bandung, ada satu lagi jalan yang terkenal di Bandung yaitu Jalan Setiabudi. 12 Persen d’Traveler memilih jalan ini sebagai salah satu destinasi pilihannya saat liburan.

Daerah yang satu ini memberi suguhan yang cukup lengkap untuk pecinta wisata kuliner. Rumah Sosis, Surabi Enhai, dan Maja House menjadi tempat kulineran yang difavoritkan oleh d’Traveler. Keunikan dan fasilitas tempat inilah yang mampu menarik perhatian pelancong.

Makan sambil bermain di Rumah Sosis, Jl Setiabudi No 295 pas untuk tempat akhir pekan bersama keluarga. Rumah makan ini menyajikan aneka makanan dari sosis dengan kisaran harga Rp 8.000-70.000. Selanjutnya, Anda bisa menikmati kelezatan Surabi Enhai. Saat malam tiba, makan malam dengan panorama alam Kota Bandung di Maja House menjadi klimaks perjalanan wisata kuliner Anda. Nikmat!

Selain destinasi wisata kulinernya, pelancong juga bisa menghabiskan liburan rekreasi di Kampung Gajah, makan di Kampung Daun dan Sapu Lidi, dan belanja di Rumah Mode. Seru!

5. Jalan Braga (6 persen)

Menarik perhatian d’Traveler sebanyak 6 persen, Jalan Braga menjadi opsi saat berlibur ke Bandung. Jejeran bangunan berarsitektur Belanda menghiasi sepanjang jalan yang dahulu di kenal sebagai Parijs van Java ini.

Braga City Walk (BCW), favoritnya muda-mudi di Bandung. Kawasan modern ini seringkali dijadikan sebagai spot foto yang menarik para pecinta fotografi. Ya, karena di sekitar lokasi ini terdapat bangunan-bangunan kuno klasik dengan pemandangan yang eksotis.

Puas berfoto dan jalan-jalan di BCW, pelancong bisa mencicipi lezatnya kue-kue di Braga Permai. Berbagai jenis kue dan roti tersedia di tempat ini. Selain menjajal kenikmatannya, Anda juga bisa mengemas kue-kue ini sebagai buah tangan.

Masih punya banyak waktu? Masih di sekitar Jalan Braga, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Gedung Merdeka Bandung, Alun-alun Bandung, dan Masjid Agung Bandung.

6. Trans Studio Bandung (3 persen)

Trans Studio Bandung berhasil menarik 3 persen d’Traveler untuk bertualang dan menjajal wahananya saat liburan di Bandung. Taman bermain indoor di kawasan Bandung Super Mall (BSM), Jl Gatot Subroto 289, ini menjadi pendatang baru pemikat wisatawan.

Menuju lokasi taman hiburan ini tidaklah sulit. Wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun angkutan umum. Untuk angkutan umum, pelancong bisa memulai perjalanan dari Terminal Leuwi Panjang menuju Kebon Kalapa. Selanjutnya, dari Terminal Kebon Kalapa menggunakan angkutan umum trayek BSM.

Sekitar 20 wahana permainan mengisi setiap ruang di taman hiburan ini. Mulai dari permainan santai sampai membuat jantung Anda copot ada di dalamnya. Cukup membayar Rp 150.000 (hari kerja) atau Rp 200.000 (hari libur) pelancong sudah bisa menikmati semua wahana di tempat ini.

Lelah menghabiskan hari di Trans Studio, pelancong bisa langsung cuci mata sambil berbelanja di BSM. Wow!

← Next post Previous post →
admin tagged this post with: , Read 107 articles by

Reservasi Tiket

ChitChat

Reservasi Hotel dan Tiket Kereta

reservasi-tiket-pesawat reservasi-tiket-pesawat

Jadwal Penerbangan